Gagasan Besar Prof Syahrin Harahap Rektor UIN Sumut Tentang Wahdatul Ulum

  • Whatsapp

Medan – Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN Sumut) siap menjadi pusat wahdatul ‘ulum yaitu penerapan konsep dan gagasan integrasi ilmu umum dan ilmu agama sebagai upaya pembangunan peradaban yang islami untuk memajukan bangsa dan negara.

Demikian disampaikan Rektor UIN Sumut Prof Dr Syahrin Harahap, MA dalam sambutannya saat kunjungan Menteri Agama (Menag) RI Fachrul Razi di Kampus I UIN Sumut Jalan Sutomo Medan, Rabu (9/12).

Muat Lebih

Prof Syahrin menyampaikan, visi UIN Sumut menjadi pusat keilmuan yang mengusung gagasan wahdatul ‘ulum, pemberdayaan masyarakat dan moderasi beragama. Namun, ia menilai, umat Islam belum bisa memimpin dunia dalam konteks keilmuan karena mengamalkan keislaman masih setengah hati.

“Kita masih memisahkan ilmu umum dan ilmu agama, padahal kita meyakini, ilmu berasal dari Allah. Maka kami mengusulkan wahdatul ‘ulum, kesatuan ilmu, sejajar dengan petunjuk Allah, tidak bisa dipisahkan ilmu umum dan ilmu agama. Kita akan kembangkan,” kata Prof Syahrin.

Prof Syahrin menambahkan, dicanangkannya titik nol peradaban Islam di Indonesia oleh Presiden Joko Widodo tepatnya di Barus, Sumut, hal itu yang mengilhami UIN Sumut membangun tiang peradaban sehingga daerah ini menjadi salah satu pilar peradaban Islam masa depan. Yaitu Islam yang menjelaskan, memahami, dan rahmatan lil alamin yang hadir untuk ketenangan, keamanan dan keberagaman.

Kunjungan Menteri Agama tersebut juga dirangkai dengan pelantikan pengurus Pusat Studi Moderasi Islam UIN Sumut yang diketuai Dr Phil Zainul Fuad, MA. Rektor berharap, lembaga ini menggelar kajian, penelitian dan sosialisasi Islam yang rahmatan lil alamin, dengan usaha ini diharapkan melahirkan lulusan yang secara formulatif disebut sebagai ulul albab dan kader bangsa.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menyampaikan, Sumut terlatih dengan moderasi dan keberagaman serta isu kerukunan umat beragama. Ia mendukung gagasan rektor yaitu ilmu dari segala ilmu, kiblat segala ilmu adalah Alquran. Ia berharap UIN Sumut melahirkan lulusan yang membawa kemajuan dan pembangunan di daerah.

Menteri Agama dalam sambutannya menyampaikan, kunjungannya dalam rangka memberikan bimbingan, pembinaan dan arahan kepada aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan kementerian agama dalam hal ini termasuk UIN Sumut.

Ia menjelaskan terkait peningkatan kinerja dalam rangka pembangunan, selain itu mendukung gagasan moderasi beragama perlu diperkuat untuk menciptakan situasi yang aman, nyaman dan damai.

Acara berpuncak pada penekanan tombol tanda UIN Sumut siap menjalankan konsep wahdatul ‘ulum yaitu sebagai pusat integrasi keilmuan, pemberdayaan dan moderasi beragama.

Pos terkait