Tim PkM Universitas Yarsi Berikan Ilmu Manajemen Pengelolaan Ziswaf Kepada Pengurus Masjid

  • Whatsapp

Jakarta – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Program studi Magister Manajemen menyelenggarakan Kegiatan PkM dengan tema : Manajemen Pengelolaan Ziswaf bagi Penguru Masjid Disekitar Universitas Yarsi dan beberapa Masjid di daerah Cibubur dan Pondok Bambu, Sabtu (29/2/2020).

Prof.Dr.Nurul Huda selaku ketua Tim PkM menyampaikan beberapa hal pokok yaitu membedakan terlebih dahulu Zakat, infaq, sedekah dan wakaf (Ziswaf) yang dilihat secara perspektif hukum (wajib atau nafilah) dan dari segi wujudnya yaitu materi dan materi.

Muat Lebih

Terkait model penghimpunan ziswaf, maka Prof. Huda menyampaikan pentingnya pengurus Masjid mengikuti perkembangan yang ada saat ini, memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada, misalnya penghimpunan melalui sms banking, Aplikasi playstote dan lain sebagainya dan bisa memanfaatkan media sosial atau Medsos baik Facebook, IG maupun yang lainnya, sehingga penghimpunan dana zakat akan terasa lebih optimal.

Dari sisi pendistribusian dan pendayagunaan dana ziswaf maka ada 4 metode yang ditawarkan Prof. Huda yaitu konsumtif konvensional (langsung pada mustahik), konsumtif kreatif ( beasiswa sekolah bagi Fakir Miskin), produktif konvensional dan terakhir produktif kreatif.

Pada pemaparannya Prof. Huda juga menyinggung model pengembangan dana wakaf bagi pengembangan pendidikan, pertanian, kesehatan dan ekonomi produktif.

Peserta yang berjumlah kurang lebih 30 orang ini sangat antusias sekali bertanya khususnya yang terkait persoalan yang dihadapi dalam pengelolalan ziswaf di Masjid masing-masing. Mereka merasakan puas terhadap kegiatan ini .

Pos terkait