Ini Peserta Terbaik dan Harapan Lomba Pidato SMP di Pentas PAI Nasional 2019

  • Whatsapp
Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin saat membuka Pentas PAI Nasional IX 2019 di Asrama Haji Sudiang Makassar

Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) berlangsung mulai 9-14 Oktober 2019 di Asrama Haji Sudiang Makassar. Dari keseluruhan kontingen, sebanyak 28 kontingen atau provinsi mengirimkan masing-masing 1 utusannya untuk mengikuti lomba pidato PAI jenjang SMP kategori putera. Pada Pentas PAI Nasional ini, para siswa SMP utusan masing-masing kontingen merupakan juara terbaik yang telah melalui proses seleksi di pentas PAI masing-masing provinsinya.

Lomba pidato PAI SMP Putera ini, melombakan kategori pidato “memoriter”, dimana masing-masing peserta diminta untuk menyiapkan teks pidato. Selanjutnya, masing-masing peserta tampil dalam lomba pidato teks atau dengan cara dihafal. Setidaknya, hampir setiap peserta mampu menghafal teks pidato sepanjang 3 halaman folio, lengkap dengan ayat-ayat Al-Qur’an yang merupakan bagian isi pidato masing-masing. Pada saat yang sama, intonasi, ekspresi, retorika, dan kemampuan komunikasi dengan audien juga menjadi penentu kualitas pidato yang ditampilkan masing-masing peserta.

Muat Lebih

Sepanjang perlombaan, baik pada babak penyisihan maupun final, para juri yang berjumlah 3 orang terlihat cukup kesulitan dalam pelaksanaan penilaian setiap penampilan peserta. Hal ini melihat, setiap yang tampil merupakan peserta terbaik hasil seleksi di provinsinya masing-masing.

Pada babak penyisihan, 1 orang peserta sempat harus dibawa ke klinik arena Pentas PAI IX untuk sedikit perawatan, dan kemudian siswa tersebut tampil kembali setelah jeda waktu. Meskipun tidak dapat lolos ke babak final, panitia dan para juri sangat memberikan apresiasi terhadap daya juang peserta tersebut.

Dari 28 peserta pada babak penyisihan lomba pidato, 6 peserta dinyatakan lolos ke babak final yang dilaksanakan pada hari terakhir LPP SMP Putera ini, dan kembali juri harus memberikan penilaiannya, sehingga setelah babak final terlaksana, dapat ditetapkan para peserta terbaik 1 hingga juara harapan 3. Berikut nama dan nomor undian para juara, dengan tanpa identitas provinsi, yaitu peserta:

  • Muhammad Rizky sebagai Terbaik 1
  • Muhammad Fatihul K sebagai Terbaik 2
  • Rafi Nasywan A. sebagai Terbaik 3
  • Adil Ilham Maulana sebagai Harapan 1
  • Mahfud Ikhsanudin sebagai Harapan 2
  • Thariq Al Fath. sebagai Harapan 3

Selain juri, sepanjang perlombaan, juga dilaksanakan secara bersama dengan panitera 1 dan 2 yang merupakan pemimpin perlombaan, koordinator lomba, dan para pendamping peserta.

Sebagaimana diketahui, cabang yang dilombakan dalam Pentas PAI Nasional IX, yaitu Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), Lomba Pidato PAI, Musabaqoh Hifzhil Quran (MHQ), Lomba Cerdas Cermat PAI, Lomba Kaligrafi Islam, Lomba Seni Nasyid, Lomba Debat PAI, Lomba Kreasi Busana. Juga dilombakan Cerita Remaja Islam, serta Karya Ilmiah Remaja PA pada kali pertama di ajang Pentas PAI tingkat Nasional. Even ini akan ditutup pada Minggu 13 Oktober 2019.

Pos terkait