Seputar Jakarta

Mengupas Segala Masalah di Perjalanan Tour

  • Reporter:
  • Kamis, 11 April 2019 | 09:47
  • / 5 Sya'ban 1440
Mengupas Segala Masalah di Perjalanan Tour
Indonesian Islamic Travel Communication Forum (IITCF) menggelar sebuah forum diskusi bertajuk “Berbagi Pengalaman dan Menambah Wawasan” Dinamika Permasalahan Dalam Perjalanan Tour, Selasa (10/4/2019). Diskusi yang diikuti lebih dari 50 owner travel,  tour leader dan pegiat wisata muslim ini dilaksanakan di Gedung Muamalat Tower Lantai 19, Jl. Prof. Satrio Setia Budi,  Jakarta Selatan.

Hadir sebagai pembicara adalah Rudiana Senior Tour Leader, Hasiyanna S Ashadi Ketua DPD ASITA DKI, Rick dari Asisst Card, Ekies dari PWH, Olive dari GB Tours Korea dan Evie Rusvina dari Asuransi Prudential.

Dalam paparannya, Rudiana mengatakan bahwa sebagai tour leader akan ada permasalahan yang akan dihadapi saat mendampingi para anggota rombongan. “Setiap tour leader harus bisa menghadapi segala persoalan yang terjadi saat ada masalah besar saat dalam perjalanan,” ujarnya.

Rudiana menceritakan ketika dirinya pernah membawa orang yang jiwanya terganggu dan harus diturunkan di Honolulu, sementara ia harus mengantar rombongan menuju Hongkong. “Masalah kematian dalam perjalanan, sakit, hilang paspor dan sebagainya harus bisa dihandle oleh tour leader,” tegasnya.

Chairman IITCF H. Priyadi Abadi, M.Par merasa bersyukur peserta yang ikut mencapai 79 orang, bahkan peserta ada yang dari Bogor dan Bandung. “Alhamdulillah mereka antusias mengikuti seluruh rangkaian acara,” paparnya.

Priyadi menjelaskan bahwa acara ini dikemas dalam dialog santai agar para peserta bisa benar-benar memahami apa yang disampaikan oleh para pemateri.

“Dalam acara ini para travel bisa saling berbagi pengalaman dan lebih teredukasi dengan mengenal lebih dekat dengan produk asuransi dan land operator saat dialog,” paparnya.

Acara ini merupakan kopi darat bulanan rutin IITCF sejak awal 2016. Kegiatan rutin IITCF ini sekaligus sebagai upaya meningkatkan sumber daya manusia di bidang travel dan menambah wawasan kepada seluruh anggota.

“Kami IITCF berterima kasih kepada seluruh peserta yang hadir dan mensupport berlangsungnya acara ini,” jelasnya.

Diskusi ditutup dengan penyusunan format draf klausul penanganan permasalahan dalam tour travel. Draf klausul ini rencananya akan dishare ke semua anggota IITCF dan diharapkan dapat dipraktikkan oleh masing-masing travel sebagai SOP.

Berikut point-point draf klausul tersebut:

1. Apabila jamaah atau peserta mengalami resiko medis atau meninggal dunia dalam perjalanan, pihak travel akan membantu peserta jamaah meng- klaim asuransi sesuai dengan tipe (plan) yang diambil. Apabila terjadi kelebihan biaya dari nilai pertanggungan asuransi yang disebabkan kejadian maka pihak jamaah atau peserta bertanggungjawab atas semua biaya yang dikeluarkan
2. Jamaah peserta wajib memberitahukan ke pihak travel apabila mempunyai riwayat penyakit kronis/gangguan mental, apabila jamaah peserta tidak mencantumkan riwayat penyakit kepada pihak travel maka pihak travel tidak berhak dituntut
3. Jamaah peserta sangat disarankan memiliki asuransi perjalanan yg tipenya sesuai dng peserta.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

  • ©2017 Seputar Jakarta

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional