Seputar Jakarta

Bursa Sajadah Sediakan Kain Ihram untuk Anak dan Dewasa

  • Reporter:
  • Senin, 23 Juli 2018 | 20:06
  • / 10 Djulqa'dah 1439
Bursa Sajadah Sediakan Kain Ihram untuk Anak dan Dewasa
Kain Ihram Motif Batik

Musim Haji 2018 semakin dekat. Sebelum berangkat ke Tanah Suci, siapkan perlengkapan yang harus dibawa, salah satunya pakaian yang pasti harus dibawa saat menunaikan haji atau umrah adalah kain ihram. Kain ihram merupakan kain yang digunakan sebagai pakaian oleh seseorang yang melaksanakan ibadah haji atau umroh. Pakaian ihram dipakai ketika sampai di miqat, hal ini juga menandai dimulainya ibadah umroh dengan mengucapkan niat umroh. Dengan menggunakan pakaian ihram dan mengucapkan niat, maka mulailah berlaku larangan ihram.

Pakaian ihram ini wajib dikenakan. Tanpa mengenakan pakaian ihram, batal ihramnya. Untuk itu, seorang calon haji wajib membayar fidyah. Yakni, berpuasa selama tiga hari, memberi makan enam orang miskin, atau memotong kambing. Namun, menyembelih atau memberikan makan enam orang miskin tersebut harus di Makkah. Sedangkan berpuasa dapat dilakukan di mana saja. Karena itu, agar terhindar dari fidyah tersebut, seorang calon haji sebaiknya menyiapkan pakaian ihram sebelum berangkat ke Tanah Suci.

Pakaian ihram laki-laki terdiri dari dua helai kain berwarna putih yang tidak boleh berjahit yang berfungsi sebagai penutup bagian bawah dan atas, yaitu kain ihram bagian bawah yang disebut izaar dan bagian atas yang disebut ridaa’. Dua lembar kain ihram tersebut untuk menutup bagian bawah atau dikenakan sebagai sarung dan satu lembar kain lainnya digunakan sebagai selendang yang menutup pundak. Kain untuk digunakan sebagai sarung merupakan kain yang lebih panjang. Berbeda dari perempuan, kain ihram laki-laki memiliki persyaratan khusus yang wajib dipenuhi oleh jemaah laki-laki. Selain itu, faktor kenyamanan pun perlu diperhatikan agar perjalanan ibadah haji bisa lebih nyaman dan khusyuk.

Seorang calon haji yang berniat melaksanakan haji tamattu (umumnya dilakukan jamaah haji Indonesia), bisa membawa tiga lembar kain ihram. Bila membawa kain ihram terlalu banyak akan memenuhi koper bagasi yang seharusnya bisa diisi dengan barang kebutuhan lain. Jika hanya membawa dua lembar kain ihram, kita tidak bisa berganti kain ihram, padahal pakaian ihram yang dikenakan sudah kotor karena sudah digunakan selama beberapa hari. Pertimbangan membawa kain ihram sebanyak tiga lembar mengingat kebutuhan penggunaannya selama di Tanah Suci. Saat pertama kali datang ke Kota Makkah, calon haji tamattu akan melaksanakan ibadah umrah terlebih dahulu. Untuk itu, sejak dari miqat atau batas demarkasi yang menjadi batas wilayah Tanah Suci, seorang calon haji harus sudah mengenakan pakaian ihram. Dari miqat ini, kemudian menuju Masjidil Haram untuk melaksanakan thawaf qudum dan sai.

Kain Ihram Camel Mansur

Setelah melakukan umrah, calon jamaah haji tersebut sudah boleh mengenakan pakaian biasa lagi. Dengan demikian, pemakaian kain ihram tersebut tidak terlalu lama. Penggantian pakaian ihram tak perlu seluruhnya. Dengan tiga lembar kain ihram yang dibawa, penggantian kain ihram bisa hanya kain bagian bawahnya. Hal ini karena antara kain ihram bagian atas dan kain ihram bagian bawah biasanya akan lebih cepat kotor yang bagian bawah.

Bursa Sajadah sebagai retail pertama dan terbesar yang berfokus pada pusat perlengkapan dan oleh-oleh haji/umrah menyediakan kain ihram dengan ukuran bervariasi bagi dewasa maupun anak-anak. Varian kain ihram yang ditawarkan mulai dari kain ihram Motif Batik yaitu kain tanpa jahitan dari bahan berkualitas yang lembut untuk menambah kenyamanan beribadah Haji. Tidak hanya itu, perlengkapan haji pria ini juga dibuat dengan ukuran all size yang cocok dipakai oleh remaja & dewasa dengan ukuran 240 x 250 cm. Jenis lain adalah kain ihram Camel Mansur, yaitu kain tanpa jahitan yang didesain khusus untuk kenyaman ibadah haji atau umroh kaum pria. Bahan material yang terbuat dari 100% katun, membuatnya nyaman, adem dan tentunya menyerap keringat saat dipakai. Ukuran kain ihram Camel Mansur bagian atas 200 x 115 cm dan ukuran kain bagian bawah 214 x 115 cm.

Bursa Sajadah juga menyediakan kain ihrom Jeddah utsman dari bahan berkualitas yang lembut untuk menambah kenyamanan beribadah Haji dengan ukuran all size yang cocok dipakai oleh remaja & dewasa. Kain ihrom SKV yaitu kain tanpa jahitan all size yang dipakai selama pelaksanaan ibadah haji dan umroh yang dibuat khusus sebagai pelengkap & untuk kenyamanan ibadah anak Anda. Setelan kain ihram terbuat dari bahan katun yang menyerap keringat ini terdiri dari izar (bawahan/sarung) berukuran 230 x 112 cm & rida’ (kain atasan) berukuran 220 x 113 cm. Jenis lain yaitu kain ihrom anak dari bahan katun yang menyerap keringat, terdiri dari izar (bawahan/sarung) berukuran 78 x 115 cm & rida’ (kain atasan) berukuran 38 x 115 cm.

Bagi Anda yang ingin membeli perlengkapan haji dan umrah, bisa mengunjungi toko Bursa Sajadah dengan konsep modern store dan kenyamanan dalam pelayanan. Bursa Sajadah berlokasi di beberapa kota di Indonesia yaitu Bandung, Jakarta, Bekasi, Tangerang, Bogor, Cibubur, Solo, Surabaya, dan Malang. Bursa Sajadah sebagai pusat perlengkapan serta oleh-oleh haji dan umrah juga membuka pesanan via online. Yuk akses bursasajadah.com untuk mendapatkan perlengkapan haji & umrah yang Anda butuhkan!

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
  • ©2017 Seputar Jakarta

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional