Seputar Jakarta

Persiapan Berangkat, Jamaah Multazam Lakukan Pemeriksaan Kesehatan

  • Reporter:
  • Sabtu, 21 Juli 2018 | 12:06
  • / 8 Djulqa'dah 1439
Persiapan Berangkat, Jamaah Multazam Lakukan Pemeriksaan Kesehatan

Jakarta – Sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 15 tahun 2016 tentang Istithaah Kesehatan Haji, hari ini jamaah calon haji Multazam Utama Tour jalani istithaah kesehatan. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian manasik haji Multazam Utama Tour yang diselenggarakan tanggal 20-22 Juli 2018, di Hotel Sunlake, Sunter, Jakarta Utara.

Direktur Multazam Utama Tour Selviana Dewi mengatakan, Multazam Utama Tour sangat mendukung Peraturan Menteri Kesehatan tersebut. Oleh karena itu, hari ini Multazam membawa jamaah calon haji melakukan pemeriksaan kesehatan di Puskesmas Kec. Kemayoran, Jakarta Pusat.

“Isthitaah haji bukan hanya bicara kemampuan materi, tapi juga soal kesehatan jamaah haji. Tujuannya supaya selama sekitar 24 hari di Arab Saudi, jamaah mampu beribadah secara aman, nyaman, sehat, dan menjadi haji mabrur,” kata Selvi yang mendampingi para jamaah di Puskesmas Kec. Kemayoran, Sabtu (21/7/2018).

Selvi menjelaskan, dalam pemeriksaan kesehatan ini, para jamaah melakukan pemeriksaan kesehatan berupa cek lab yang meliputi cek darah dan cek urine, selanjutnya cek UKG meliputi rekam jantung, rontgen, kemudian suntik vaksin meningitis, serta konsultasi kesehatan dan cek fisik.

“Tahun ini ada tambahan, para jamaah di tes lari keliling sekitar Puskesmas. Hal ini bertujuan untuk memastikan kesehatan fisik dan mental jamaah calon haji, sehingga mereka mampu melaksanakan ibadah haji sesuai syariat rukun Islam yang kelima,” tutur Selvi.

Lebih jauh Selvi menjelaskan, setiap tahun, Multazam Utama Tour memberangkatkan tim medis untuk mengontrol kesehatan jamaah selama berada di Tanah Suci. Apalagi cuaca di Arab Saudi diperkirakan mencapai 40 hingga 50 derajat celcius.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, kita memberikan pelayanan kepada jamaah berupa dokter untuk memantau kesehatan jamaah saat berada di Tanah Suci,” ucap Selvi.

Multazam Utama Tour tahun ini akan memberangkatkan 130 jamaah haji khusus, pemberangkatan pertama dilakukan pada tanggal 12 Agustus 2018 sebanyak 30 jamaah, dan pemberangkatan kedua dilakukan tanggal 14 Agustus 2018 sebanyak 100 jamaah. Pemberangkatan dilakukan dengan menggunakan maskapai Saudi Airlines dengan rute Jakarta – Jeddah.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
  • ©2017 Seputar Jakarta

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional