Seputar Jakarta

Luwarso: Jangan Bakar Jerami Padi Setelah Panen, Ini Alasannya

  • Reporter:
  • Sabtu, 5 Mei 2018 | 00:19
  • / 19 Sya'ban 1439
Luwarso: Jangan Bakar Jerami Padi Setelah Panen, Ini Alasannya

BENGKULU – Wakil Ketua Lembaga Pengembangan Usaha Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Ir. Luwarso, yang merupakan pencetus i-Pangan Jokowi mengatakan, kebiasaan petani membakar jerami setelah panen merupakan suatu kebiasaan yang salah. Menurutnya, selain menyebabkan kerusakan pada lingkungan juga menyebabkan kerusakan pada  tanah areal persawahan.

“Lama kelamaan unsur hara yang terdapat pada tanah sawah akan selalu berkurang. Dengan membakar jerami justru akan menghancurkan sebagian bahan organiknya,” kata Luwarso saat meninjau sawah yang rencana akan dijadikan tempat klaster pertanian di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Selasa (01/05/2018).

Dikatakan Luwarso, kehilangan unsur hara tanpa dibarengi pengembalian unsur-unsur tersebut ke dalam tanah akan mengakibatkan ketidakseimbangan neraca hara dalam tanah. Sehingga, ia menambahkan, akan menurunkan tingkat kesuburan tanah dan berujung pada penurunan produksi dan produktivitas tanaman.

“Secara perlahan namun pasti, pembakaran jerami akan menurunkan produktifitas tanah, sehingga panen semakin hari akan semakin menurun,” ungkap Luwarso.

Menurutnya, membakar jerami juga dapat menyebabkan tanaman rentan terserang hama dan penyakit. Sebaliknya, ia menjelaskan, pemberian kompos jerami dapat menghambat hilangnya unsur K, Si dan dapat mengurangi serangan hama dan penyakit.

“Pengembalian jerami padi ke sawah akan mengembalikan unsur hara Kalium ke tanah.  Unsur kalium ini berfungsi sebagai penguat dan pengeras bagian tanaman yang akan membantu ketahanan tanaman dari serangan hama dan penyakit. Pengembalian jerami bisa dilakukan dengan cara jerami dipotong-potong dan disebar ke sawah sebelum dibajak atau dicangkul hingga jerami dapat masuk ke tanah,” pungkas Luwarso.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
  • ©2017 Seputar Jakarta

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional