Seputar Jakarta

Kadin Ajak Semua Elemen Masyarakat Sukseskan Program Serifikasi Tanah

  • Reporter:
  • Selasa, 24 April 2018 | 20:33
  • / 8 Sya'ban 1439
Kadin Ajak Semua Elemen Masyarakat Sukseskan Program Serifikasi Tanah
Ir. K. Wirawan (kanan) bersama Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo

JAKARTA, Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bidang Agraria dan Tata Ruang, K. Wirawan mengapresiasi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) terkait keseriusannya dalam program sertifikasi tanah untuk rakyat. Menurut Wirawan, begitu semangat Jokowi merealisasikan program pro rakyat ini hingga keluar pernyataan yang cukup keras.

Wirawan menjelaskan, demi program rakyat ini, Jokowi terlihat cukup serius melalui pernyataannya yang akan mencopot menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan A. Djalil jika tidak dapat memenuhi target sertifikasi tanah milik masyarakat. Walau demikian, lanjut Wirawan, program demi rakyat ini tanpa dukungan semua pihak bukanlah hal yang ringan bagi Kementerian ATR/BPN.

“Hanya saja, harapan Presiden terkait program demi rakyat ini tanpa didukung semua elemen masyarakat, meskipun menteri ATR/BPN mampu merealisasikannya tapi tentu bukanlah pekerjaan yang mudah,” kata Wirawan di kantor Kadin Indonesia, Selasa (24/04/2018).

Lanjut Wirawan, sehingga ia mengajak semua kalangan, baik yang selama ini mendukung Jokowi maupun yang sebelumnya sering kontra dengan Jokowi agar bersatu mendukung program ini. Karena, Wirawan menambahkan, program ini nyata demi rakyat.

“Sehingga apapun alasannya, semua harus bersatu memberi dukungan pada program Presiden yang pro rakyat ini. Kecuali jika memiliki kebencian terhadap rakyat, tentu akan menolak program presiden yang cinta rakyat ini,” ujar Wirawan.

Sebagaimana diketahui, beberapa waktu lalu Presiden Jokowi sempat menegaskan akan menghentikan Menteri ATR/BPN, Sofyan A. Djalil bila tidak memenuhi target sertifikasi tanah milik masyarakat. Hal tersebut diungkapkan Jokowi di sela-sela penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat di Lapangan Sekarwangi, kelurahan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu 7 April 2018 lalu.

“Bila memang tidak memenuhi target untuk menyertifikasi tanah rakyat, maka saya akan memberhentikan menteri ATR/BPN. Karena itu, harus sungguh-sunggu untuk memenuhi target. Menteri harus bekerja sesuai target yang telah ditetapkan,” tegas Jokowi.

 

Manfaat yang Diperoleh Rakyat

Menurut Wirawan, mensertifikatkan tanah rakyat merupakan bagian dari upaya mencegah konflik agraria. Sebagaimana diketahui, katanya, konflik agrarian kerap muncul karena adanya tumpang tindih kepemilikan yang tidak jelas.

“Sertifikasi tanah memberikan rakyat posisi hukum yang sangat kuat, sehingga tidak mudah dipermainkan oleh mafia-mafia hukum ketika suatu ketika ada tuntutan hukum atas tanah rakyat,” ujar Wirawan.

Selain itu, masih menurut Wirawan, memberikan sertifikat pada tanah milik rakyat adalah upaya pencegahan kongkrit dalam melawan mafia tanah yang umumnya di backingi oleh pemilik modal besar. Kedepan, Wirawan berharap, kesewenang-wenangan pengusaha hitam yang suka merampas tanah Rakyat tak lagi terjadi.

“Dengan tanah yang bersertifikat maka harga tanah rakyat akan meningkat 3 hingga 6 kali lipat dari pada saat tanah itu  tidak ada sertifikat. Artinya aset yang dimiliki rakyat tidak saja kuat secara hukum, tapi secara bersamaan juga meningkat drastis,” ujar Wirawan.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
  • ©2017 Seputar Jakarta

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional