Seputar Jakarta

Early Warning System Penyelenggaraan Haji Sangat Penting

  • Reporter:
  • Selasa, 10 April 2018 | 14:04
  • / 24 Rajab 1439
Early Warning System Penyelenggaraan Haji Sangat Penting

Bogor — Inspektur Jenderal Kementerian Agama (Irjen Kemenag), Nur Kholis Setiawan memberikan materi dalam kegiatan Diseminasi Advokasi Haji yang diselenggarakan oleh Subdit Advokasi Haji Direktorat Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama di Hotel Lorin, Sentul, Bogor, Senin (9/4/2018).

Nur Kholis memberikan materi tentang permasalahan yang terjadi di tahun 2017, Irjen memberikan arahan pengawasan Early Warning System dalam pelaksanaan haji, baik pra haji, prosesi musim haji maupun pasca pelaksanaan Haji.

Dalam arahannya, Irjen menyampaikan beberapa poin penting penyelenggaraan haji. “Pemasalahan yang muncul di lapangan selalu ada sebab, tentu harus dibenahi entah itu dari PHU atau kemenag sebagai garda depan, “ ungkapnya. Menurutnya Itjen dalam hal ini tetap sebagai pengawasan dan pemandu.

Tahun ini, dalam proses pengawasan, Itjen telah mengirim tim ke Saudi, tim ini salah satu agendanya akan mencermati new contract, baik itu mengenai tempat, transport dan Catering sesuai dengan arahan Irjen.

Nur Kholis juga menyampaikan bahwa tanggung jawab penyelenggaraan haji, bukan hanya tanggung jawab Kemenag tetapi juga kerja sama dari KBIH untuk mengikuti regulasi yang ditetapkan.

Menurutnya pemantauan akan dilaksanakan sejak di embarkasi pemondokan. “Kita akan secara ketat dan cermat menyeleksi data dari setiap jamaah saat di embarkasi, hal ini menghindari kenakalan penyelenggara layanan haji, ” jelasnya.

Irjen juga mengajak mencermati masalah kecil yang menjadi besar, seperti persoalan penggunaan air dan lainnya. “Penggunaan air jamaah indonesia adalah sangat boros, perlu dalam manasik haji hal ini disampaikan. Permasalahan ini terjadi hanya di hotel tempat tinggal jamaah indonesia,” ungkap Nur Kholis.

Irjen juga menyampaikan bawa dalam pelaksanaan haji, Itjen selama ini telah memberikan pengawasan, baik pengawasan pra operasional, pengawasan prosesi di Saudi maupun dalam hal pemantauan laporan administrasi akuntansi pelaksanaan ibadah haji.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
  • ©2017 Seputar Jakarta

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional