Seputar Jakarta

KADIN Indonesia Dorong SantriPreneur

  • Reporter:
  • Senin, 2 April 2018 | 20:39
  • / 16 Rajab 1439
KADIN Indonesia Dorong SantriPreneur

Staff Ahli Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia Ali Abdul Rohman dorong santri untuk berwirausaha. Hal tersebut, dikatakan Ali, melihat tantangan yang dihadapi santri kedepan cukup berat, utamanya keterbatasan kesempatan kerja.

“Mulai persaingan pasar bebas Asean (MEA), bonus demografi, hingga keterbatasan kesempatan kerja. Maka kesadaran dan semangat berwirausaha dikalangan santri perlu didorong dan dikembangkan,” katanya saat ditemui di Kantor Pusat KADIN Indonesia, Jl. Hos Cokroaminoto No 122, Jakarta, Senin, (02/04/2018).

Rasulullah SAW saja, terang Ali, dikenal sebagai pedagang yang ulung. Menjadi santri sekaligus entrepreneur (santripreneur) tentunya akan bisa membawa manfaat yang luar biasa kepada masyarakat sekitar, multiplier effect yang dihasilkan tentunya akan sangat besar.

“Santri harus meneladani Rasulullah Muhammad Saw. Ia sosok entrepreneur sejati. 25 Tahun dari usia hidup Rasulullah dijalani dengan berprofesi sebagai pengusaha sukses,” ujarnya.

Dikatakan Ali, santri dididik untuk bermental tangan di atas. Bukan tangan di bawah. Dengan berwirausaha, akan membangun mental santri tangan di atas. Bisa membuka lapangan kerja bagi orang lain. Bukan meminta pekerjaan. Dijelaskan juga, dagang menurutnya bukan soal bakat tapi soal mental dan kemauan.

“Mental dagang, membangun mental memberi. Setidaknya membuka peluang pekerjaan bagi orang lain,” kata Pengurus PBNU Bidang Ekonomi ini.

Berdasarkan data Kementerian Agama tahun 2014-2015, masih menurut Ali, jumlah pondok pesantren di Indonesia yang tersebar di seluruh provinsi diperkirakan sebanyak 28.961 unit. Ada jutaan santri di Indonesia. Jika dikemas dengan baik, dikatakanya, dengan jumlah mereka yang sangat besar, bisa saja menguasai ekonomi Indonesia.

“ini santri yang di pondok pesantren, belum lagi santri alumni pondok pesantren,” pungkasnya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
  • ©2017 Seputar Jakarta

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional