Seputar Jakarta

My Halal Trip Indonesia Hadirkan Perjalanan Wisata Halal ke Berbagai Negara

  • Reporter:
  • Kamis, 22 Maret 2018 | 17:03
  • / 5 Rajab 1439
My Halal Trip Indonesia Hadirkan Perjalanan Wisata Halal ke Berbagai Negara

Jakarta — Industri wisata halal saat ini sedang berkembang pesat di dunia, pemerintah bersama kementerian terkait saat ini sedang gencar mempromosikan wisata halal, tak terkecuali juga para travel agent yang tergabung dalam My Halal Trip Indonesia (MHTI) yang baru saja dideklarasikan di Hotel Aston, Jakarta Barat, Rabu (21/3/2018).

Berawal dari sebuah komunitas travel agent yang sudah didirikan sejak tiga tahun silam, MHTI kini hadir sebagai asosiasi yang sudah memiliki izin yang sah.

“Asosiasi ini kami bangun tidak untuk berbenturan dengan asosiasi dan komunitas lain, malahan semangat synergi komunitas kami jadikan sebagai pondasi utama untuk menguatkan visi dan misi kami,” kata Ketua Umum MHTI, Teuku Mohammad Ali kepada awak media.

Teuku menjelaskan, Indonesia dengan jumlah penduduk mayoritas Muslim namun belum mempunyai produk halal khususnya perjalanan travel. Oleh karena itu, MHTI hadir untuk memberikan solusi terhadap perjalanan wisata muslim ke berbagai destinasi baik dalam maupun luar negeri.

“Banyak muslim yang pergi ke negara non-muslim yang sulit mendapatkan yang halal. Kami hadir dengan memberikan kepastian bahwa kita bisa ciptakan halal seperti perjalanan wisata ke Korea, Jepang dan lainnya,” tegas Teuku.

Saat ini, kata Teuku, MHTI beranggotakan kurang lebih 600 travel agent yang berada di seluruh Indonesia. Setelah terbentuknya perwakilan di setiap provinsi ditargetkan member MHTI nanti di akhir tahun 2019 mencapai 5000 travel agent.

Teuku menambahkan, selain membawa para wisatawan Tanah Air ke berbagai negara, MHTI juga akan fokus untuk mendatangkan wisatawan ke Tanah Air. “Kita juga pasti bikin in-bound, kita sudah bekerjasama dari wallseller dengan berbagai negara kita bikin perjanjian dimana disepakati, kita bawa orang ke negara anda, anda juga bawa orang ke negara kami,” jelas Teuku.

Untuk wisata in-bound, ada beberapa daerah wisata domestik yang menjadi referensi bagi para wisatawan. Namun saat ini, MHTI akan terlebih dahulu fokus ke wisata laut seperti NTB, Raja Ampat, Wakatobi, Ternate, Aceh dan lainnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum MHTI Fauzan Kamil menjelaskan, selama tiga tahun sebelum dideklarasikannya MHTI, komunitas ini sering mengadakan trip ke jejak para Rasul dan tempat-tempat yang disitu terdapat sejarah nabi, seperti Palestina, Jordan dan lainnya.

“Sampai saat ini masih aktif pemberangkatan, kadang-kadang satu bulan ada tiga sampai empat kali keberangkatan,” kata Fauzan.

Fauzan menambahkan, My Halal Trip Indonesia juga dikenal dengan produk jelajah negeri para nabi yang sampai saat ini sudah memberangkatkan lebih dari 5000 orang Ziarah ke Aqso.

Terkait dengan informasi seputar MHTI, saat ini MHTI sudah menyiapkan portal website dengan nama myhalaltrip.tours yang didalamnya memuat seluruh wisata domestik dan internasional.

“Saat ini masih dalam pengembangan, nantinya seperti apa, akan dijelaskan oleh tim IT kami,” kata Fauzan.

Selain menyatukan anggota dalam memberangkatkan wisatawan ke luar negeri, MHTI juga akan memberikan edukasi kepada para anggota perihal Airlines, General Distribution System, Tour Leader dan lain sebagainya.

“Nanti dalam waktu dekat kita akan buka kelas, artinya anggota MHTI harus updet ilmu dan kita pandai sama-sama,” katanya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
  • ©2017 Seputar Jakarta

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional