Seputar Jakarta

Fauzan, Berawal dari Mutawif Sekarang Jadi Bos Travel

  • Reporter:
  • Senin, 19 Maret 2018 | 09:23
  • / 2 Rajab 1439
Fauzan, Berawal dari Mutawif Sekarang Jadi Bos Travel

Jakarta — Kerinduan untuk selalu kembali ke Tanah Suci mendorong Fauzan merintis usaha travel umrah di tahun 2011. Sebelumnya hampir 10 tahun ia mengenyam pendidikan S1 hingga S2 di Universitas Madinah. Untuk mencari uang saku tambahan saat kuliah, Fauzan menjadi mutawif untuk membimbing jamaah umrah. Selepas lulus dan kembali ke Indonesia ia sempat aktif di beberapa yayasan dan organisasi pendidikan.

Travel umrah yang diberi nama Elteyba dirintis Fauzan mulai dari nol, bukan dari akuisisi perusahaan yang sudah ada sebelumnya. Dari pengalaman di bidang haji/umrah saat kuliah di Madinah, Fauzan  tidak mengalami kesulitan. Saat kuliah S2 Fauzan pernah membuka usaha agency dengan menjual paket di beberapa travel umrah seperti akomodasi hotel.

Elteyba mulai beroperasional dengan kantor pertama di daerah Condet, Jakarta Timur. Di awal usaha pria asal Aceh ini juga sempat tinggal di kantor bersama rekannya. “Ada beberapa teman yang heran bertanya lulusan luar negeri kenapa nggak bekerja jadi dosen atau PNS yang cukup menjanjikan, tapi saya pikir sudahlah saya sabar dulu,” terangnya kepada Majalah Rindu Kabah beberapa waktu lalu.

Fauzan bekerjasama dengan konsorsium untuk memberangkatkan jamaah umrah sebelum mendapat izin Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) . Dari tahun 2011 sudah mulai ada keberangkatan umrah travel Elteyba dan jumlah jamaah terus berkembang. Hingga di tahun 2014 izin PPIU pun keluar setelah moratorium izin penyelenggara umrah di Kementerian Agama dicabut. Setelah memperoleh izin PPIU, Fauzan semakin percaya diri untuk memasarkan Elteyiba.

Jamaah pada keberangkatan umrah perdana sekitar 70 orang setahun dan terus meningkat perkembangannya. Fauzan berpinsip  di awal usaha membangun pondasi terlebih dulu dengan memperkuat service dan saat ini di Arab Saudi sudah memiliki tim untuk direct ke hotel, tim handling, tim mutawif, dan tim yang berhubungan dengan airlines. Kerja keras Fauzan membuahkan hasil dengan ditunjuknya Elteyba menjadi salah satu provider untuk visa umrah di Indonesia di tahun 2015.

“Setelah setahun mendapat ijin umrah kita langsung  mengajukan provider karena persyaratan provider harus ada izin PPIU dan sertifikat dari International Air Transport Association (IATA). Alhamdulillah saat ini kita sudah jadi provider visa umrah dari sekitar 50-an provider yang aktif, jadi travel-travel umrah juga membeli visa ke kita dan Alhamdulillah cukup besar, dalam satu tahun minimal 20 ribu visa umrah yang kita keluarkan,” terang Fauzan.

Travel umrah Elteyba juga menjadi  agency transportasi bus seperti dari Makarim Grup dan menjadi perwakilan bus, agen hotel serta beberapa travel. Elteyba juga mendapat kepercayaan dari Amphuri untuk menjadi salah satu  travel umrah yang bergabung di Koperasi Amphuri. Fauzan selalu mengingatkan kepada karyawannya untuk bekerja dengan hati karena umrah melayani orang untuk ibadah, termasuk kepada para mutawif  untuk menganggap jamaah umrah seperti orang tua kita sendiri dengan prinsip berbuat yang terbaik semampu kita.  Ia juga berharap bisa selalu amanah dan istiqomah dalam melayani umat.

“Sabda rasulullah SAW : Khairunnas anfa’uhum linnas yang artinya sebaik- baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain menjadi motto bagi Fauzan. Dalam Al Quran Surat Adz-Dzaariyaat ayat 56 : Tidaklah  Aku ciptakan Jin dan Manusia kecuali untuk beribadah kepada-Ku. Jadi apapun yang kita lakukan bernilai ibadah, kata Rasul tidurnya seorang muslim saja ibadah, apalagi umrah ini ibadah , rindu Ka’bah itu luar biasa, kalau niatnya untuk ibadah Insyaallah dipermudah,” jelas Fauzan.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
  • ©2017 Seputar Jakarta

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional