Seputar Jakarta

Sosialisasi Rekruitmen Petugas Haji Kalbar Libatkan Pemda

  • Reporter:
  • Minggu, 18 Maret 2018 | 21:00
  • / 1 Rajab 1439
Sosialisasi Rekruitmen Petugas Haji Kalbar Libatkan Pemda

Pontianak–Sosialisasi rekruitmen petugas haji 2018 di Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) menarik dikulik. Menariknya, sosialisasi ini diikuti jajaran pemerintah daerah (Pemda).

“Untuk memperkuat, merawat dan mengembangkan hubungan antara Kemenag dan Pemda. Tak kalah penting adalah menekan distorsi informasi. Maka peserta tidak hanya dari jajaran Kementerian Agama (kemenag) Provinsi Kalbar, juga melibatkan jajaran Pemda,” kata Direktur Bina Haji, Khoirizi di salah satu hotel ternama di Pontianak, Minggu malam (18/03/2018).

Direktur Bina Haji yang mengangkat tema “Kebijakan Pemerintah tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji” dalam sosialisasi dimaksud menekankan kepada peserta bahwa menjadi seorang pegiat haji memiliki kriteria.

Kemampuan seorang petugas penting mengetahui kebijakan penyelenggaraan. Semua harus tahu, apabila kebijakan diabaikan maka potensi persoalan atas haji akan terus muncul.

“Semisal, PMA 20/2016 yang mengatur dengan jelas tentang petugas haji daerah. Jadi, peserta sosialisasi wajib menyampaikan dan menginformasikan tentang PMA tersebut. Ini salah satu aturan. Aturan lainnya tentang perhajian juga wajib dibaca dan dipahami” pinta Khoirizi.

Direktur Bina Haji juga menyampaikan bahwa rekruitmen pada tahun ini memakai sistem berteknologi yang disebut Computer Assisted Test (CAT). Inovasi terbaru yang dilakukan Ditjen PHU sejak Khoirizi menjadi Direktur.

“Ini merupakan inovasi dari tuntutan teknologi yang lebih cepat, tepat dan transparan, murah dan efisien,” sebutnya.

Didampingi Kasubdit Advokasi Haji, Abdurrazak dan Kabid PHU Kalbar, Mirad Puluhan peserta sosialisasi disuguhkan dengan pengetahuan perhajian. Seorang pegiat haji wajib mengetahui haji dalam berbagai aspek. Sehingga masyarakat yang ingin mengetahui haji dapat memperoleh informasi dengan tepat dan tidak salah.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
  • ©2017 Seputar Jakarta

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional