Seputar Jakarta

KADIN Optimis Kopi Lokal Indonesia dapat Kuasai Dunia

  • Reporter:
  • Kamis, 15 Maret 2018 | 13:43
  • / 27 Jumadil Akhir 1439
KADIN Optimis Kopi Lokal Indonesia dapat Kuasai Dunia
Eddy Ganefo,Ketua Umum KADIN Indonesia

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia, Eddy Ganefo optimis komoditi kopi Indonesia bisa menguasai dunia. Dikatakan Eddy, Indonesia memiliki banyak sekali jenis kopi berkualitas tinggi. Apalagi kedai-kedai kopi internasional ternyata bahan bakunya dari Indonesia.

“Mestinya, kopi Indonesia bisa menjajah dunia. Karena itu tadi, biji kopi asal Indonesia menyuplai ke hotel-hotel kelas dunia,” kata Eddy Ganefo sebelum diskusi “Ngopi Bareng Senator” berthema “Kopi Daerah Indonesia, Kopi Dunia” bekerja sama dengan DPD RI di Jakarta, Rabu (14/3/2018).

Untuk mewujudkan hal tersebut, lanjut Eddy, KADIN menggandeng Dewan Pimpinan Daerah (DPD) RI guna mempromosikan kopi lokal atau dari daerah untuk bisa menembus pasar ekspor.

“Meski Indonesia masuk tiga negara terbesar produksi kopi, namun posisinya dibawah Vietnam. mudah-mudahan sinergi dengan DPD RI, bisa mencari formula yang tepat guna mencari peluang ekspor,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono mengungkapkan kegiatan ini merupakan wujud perhatian DPD RI terhadap peningkatan usaha ekonomi rakyat daerah. Sekaligus tindak lanjut MoU (Memorendum of Understending) yang telah ditandatangani oleh DPD RI dengan KADIN pada tanggal 21 Juli 2017.

“Sebagai wujud kongrit perhatian DPD RI dalam memfasilitasi dan meningkatkan peran berbagai asosiasi dalam memajukan Usaha Mikro Kecil Menengah di daerah,” ujar Nono.

Pada acara “Ngopi Bareng Senator” ini, KADIN lebih banyak mengangkat kopi-kopi daerah Indonesia yang belum dikenal secara luas, seperti potensi kopi dari Agam, Sumatera Barat yang disebut sebagai Ameh Hitam dari Agam, kopi dari Aceh Selatan, dan kopi dari Toraja Utara.

Lebih jauh Eddy membeberkan soal kerjasama Kadin dengan PT Pos Indonesia terkait tata cara ekspor kopi nusantara. Dikatakan Edy, ekspor produk UMKM termasuk kopi saat dapat dilakukan melalui PT Pos Indonesia.

“Setelah PT Pos memberi penjelasan, ternyata tatacara ekspor kopi mudah sekali. Yang penting di negara tujuan, ada yang menampung dulu,” pungkasnya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
  • ©2017 Seputar Jakarta

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional