Seputar Jakarta

KADIN: Industri Halal di Indonesia Harus Lebih Maju

  • Reporter:
  • Senin, 5 Maret 2018 | 20:26
  • / 17 Jumadil Akhir 1439
KADIN: Industri Halal di Indonesia Harus Lebih Maju
Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia Eddy Ganefo (tengah)

Industri halal saat ini sedang berkembang pesat di dunia. Bisnis yang berbasis pada sistem ekonomi dan syariah Islam ini bukan hanya dikembangkan oleh negara-negara yang berpenduduk mayoritas muslim, namun juga negara-negara yang sebagian penduduknya non-muslim.

Melihat hal tersebut, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia Eddy Ganefo berharap, pemerintah Indonesia mempermudah para pengusaha untuk mendapatkan sertifikat halal. Karena menurut Eddy saat ini masih cukup sulit bagi para pengusaha untuk mendapatkan sertifikat halal.

“Kami berharap pemerintah melalui Kementerian Agama dan MUI memberikan kemudahan dalam mendapatkan sertifikat halal dengan tetap mengedepankan syariah Islam, sebab informasi yang kami dapatkan cukup sulit,” tegas Eddy di Jakarta, Senin (5/3/2018).

Ditambahkan Eddy, selain mudah, proses halalnya juga harus benar-benar halal, bukan karena dipaksakan apalagi sampai dikomersilkan, sebab menurutnya, pertanggungjawabannya dunia dan akhirat. Sulitnya mendapatkan sertifikat halal dinilai Eddy cukup menghambat berkembangnya industri halal di Indonesia.

Menurutnya, Indonesia sebagai negara yang mayoritas penduduknya Islam semestinya harus lebih maju dibanding dengan negara lain, jangan sampai malah justru tertinggal. Diakui Eddy, Indonesia sangat berpotensi menjadi kiblat wisata halal dunia.

“Ini yang harus kita perhatikan, kita lihat negara-negara Eropa dan Asia, mereka sudah mulai mengembangkan wisata halal, bahkan sudah menyiapkan infrastruktur pendukungnya seperti masjid, mushola, makanan halal dan lainnya,” lanjut Eddy.

Dengan berkembangnya industri dan wisata halal di Indonesia, diharapkan Eddy dapat menjadi andalan pemasok devisa Indonesia.

“Disamping itu, kami berharap dengan mengembang industri halal dan wisata halal maka sektor pariwisata bisa menjadi andalan pemasok devisa Indonesia,” katanya.

Eddy menambahkan, selain dukungan dari pemerintah, para stakholder, pengusaha, dan masyarakat juga bisa mengambil peranan masing-masing untuk mengembangkan potensi yang besar ini.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
  • ©2017 Seputar Jakarta

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional