Seputar Jakarta

19 Manfaat Buah Kurma Untuk Tubuh Manusia

  • Reporter:
  • Kamis, 15 Februari 2018 | 21:38
  • / 29 Jumadil Uula 1439
19 Manfaat Buah Kurma Untuk Tubuh Manusia

Siapa yang tidak kenal buah kurma, Anda pasti sudah tidak asing dengan buah kurma. Meskipun buah yang satu ini bukanlah buah asli dari Indonesia, namun buah ini telah beredar di berbagai negara termasuk Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam.

Kurma termasuk kedalam tanaman palma. Pohon kurma mempunyai tinggi sekitaran 15-25 m dengan buah yang dihasilkan umumnya mempunyai panjang 3-7 cm serta berdiameter 2-3 cm dengan biji tunggal. Buah kurma dibagi jadi 3 kelompok paling utama yakni kelompok lunak, semi kering serta kering. Buah yang dahulunya diprediksikan dari Teluk Persia ini mempunyai beragam jenis manfaat dengan kandungan vitamin serta mineral yang tinggi.

Kurma mempunyai kandungan nutrisi yang banyak umpamanya thiamin, niasin, folat, riboflavin hingga tak heran bila buah ini mempunyai banyak manfaat. Buah ini pas dikonsumsi oleh ibu hamil serta menyusui yang karena kandungan hormon semacam oksitosin. Hormon itu bisa menolong untuk merangsang kontraksi otot polos pada rahang saat mendekati melahirkan. Kurma dapat juga menolong untuk kurangi pendarahan saat melahirkan. Pada saat pasca melahirkan, sari dari buah kurma bisa menolong untuk menyetabilkan keadaan ibu serta kembalikan nutrisi.

Kurma bukan sekedar dikonsumsi segera untuk memperoleh faedahnya tetapi dengan juga merendamnya untuk memperoleh air nabeez. Air itu adalah air rendaman dari kurma atau kismis sepanjang semalaman (8-12 jam) dengan memakai wadah tertutup yang sudah di isi air masak serta diminum esok harinya. Air ini bisa bertahan sampai 1-2 hari bila disimpan di lemari es. Faedahnya yakni bisa menolong untuk buang zat beresiko pada badan, menolong untuk memulihkan system pencernaan, dan buang keunggulan asam pada perut.

Bukan sekedar buahnya, tetapi juga biji kurma mempunyai manfaat. Langkahnya yakni dengan menjemurnya sampai kring lalu disangrai serta ditumbuk sampai berupa seperti biji kopi serta siap untuk diseduh. Dalam 100 gr biji kurma ada protein sebesar 5, 2%, lemak 9, 32%, serat 13, 6%, minyak kuning-hijau sebesar 8%. Dari olahan biji kurma itu, bisa dipakai sebagai lulur dengan mencampurkannya dengan minyak zaitun serta madu. Untuk permasalahan kebotakan, Anda bisa memberikan bubuk biji kurma dengan minyak zaitun serta dioles-oleskan ke kepala.

  1. Menjaga kesehatan Tulang

Manfaat buah ini yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan tulang. Salah satu kandungan utama kurma adalah kalsium. Zat yang satu ini sangat penting untuk kesehatan tulang. Bagi anda yang ingin tulangnya selalu sehat sangat disarankan untuk rajin mengkonsumsi kurma.

  1. Melancarkan Buang air Kecil

Bagi anda yang merasa susah buang air kecil tidak ada salahnya untuk mulai rajin mengkonsumsi kurma. Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Riyad menyebutkan jika kandungan nutrisi kurma bisa membuat seseorang menjadi lancar buang air kecil. Agar bisa buang air kecil secara lancar disarankan untuk mengkonsumsi minimal 5 buah kurma setiap hari.

  1. Mengandung Serat yang tinggi

Manfaat kurma yang lain adalah kandungan serat tinggi. Manusia sangat membutuhkan serat. Jika seseorang kekurangan serat maka akan membuat kesehatannya mudah terganggu. Kurma adalah buah yang memiliki kandungan serat sangat tinggi dan bisa membuat kebutuhan serat harian anda terpenuhi dengan mudah.

  1. Mengatasi gangguan usus

Banyak orang yang belum mengerti jika salah satu kandungan dalam kurma adalah nikotin. Zat yang satu ini bisa membersihkan usus dan membuat semua gangguan pada usus dapat teratasi. Sebuah fakta menarik mengenai kurma juga terungkap dimana buah yang satu ini bisa membuat seseorang menjadi lebih mudah dalam buang air besar.

  1. Mengatasi anemia

Manfaat kurma selanjutnya adalah mengatasi anemia. Bagi anda yang menderita anemia sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah kurma. Buah yang satu ini memiliki kandungan nutrisi yang tinggi pada kurma sangat baik untuk kesehatan dan pada kurma terdapat zat besi yang baik untuk orang yang menderita anemia. Kandungan zat besi pada kurma bisa dikatakan sangat tinggi dan aman dibandingkan jika anda harus mengkonsumsi obat obatan.

  1. Menaikkan berat badan

Kadang orang ingin memiliki tubuh yang lebih besar karena terlihat kurus juga tidak maksimal. Untuk bisa gemuk kadang membutuhkan obat yang berbahaya karena sekarang ini banyak sekali obat obatan berbahaya. Akan lebih baik dan aman jika anda menggunakan buah kurma untuk menggemukan berat badan. Kurma mengandung kalori yang sangat tinggi. Jumlah kalori yang dimiliki buah ini mencapai lebih dari 3000 kalori dan itu pastinya sudah cukup untuk makanan pengemuk badan.

  1. Mengatasi Alergi

Kurma adalah buah yang secara alami sudah memiliki kandungan sulfur. Anda harus memahami jika zat yang terkandung dalam kurma tersebut sangat efektif untuk mengatasi alergi. Jika anda merasa alergi maka disarankan untuk mengkonsumsi kurma agar alergi tersebut dapat teratasi.

  1. Menjaga kesehatan sistem syaraf

Syaraf adalah sistem yang paling penting dalam manusia. Jika sistem syaraf sudah terganggu maka akan membuat orang dalam masalah besar. Untuk menjaga kesehatan syaraf sebenarnya sangat mudah. Itu karena kandungan nutrisi yang ada pada kurma sangat baik untuk menjaga kesehatan syaraf. Jika anda ingin memiliki syaraf yang sehat selalu konsumsi kurma setiap hari.

  1. Menambah stamina

Kandungan gula yang cukup tinggi pada kurma memang sangat ampuh untuk meningkatkan stamina. Apabila anda sedang lemas dalam menjalani kerjaan sangat disarankan untuk mengkonsumsi kurma setiap hari. Dijamin stamina anda akan naik dengan drastis.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat kurma untuk kesehatan jantung sudah teruji. Itu karena pada kurma terdapat zat yang bisa membuat kondisi jantung menjadi lebih baik. Anda cukup mengkonsumsi kurma setiap hari agar jantung anda sehat. Pastinya anda tidak mau jantung anda tidak sehat karena jantung adalah bagian utama dalam tubuh kita.

  1. Baik untuk kesehatan mata

Mata yang sehat adalah impian semua orang. Untuk menjaga kesehatan mata kadang orang harus membayar mahal. Itu karena dokter umumnya menjual nutrisi kesehatan mata dengan harga yang mahal. Apabila anda ingin cara yang lebih hemat, aman dan murah maka anda lebih baik menggunakan buah kurma. Buah ini kaya kandungan vitamin dan nutrisi yang baik untuk kesehatan mata. Mengkonsumsi sebuah kurma sama dengan anda menyelamatkan mata anda dari kerusakan.

  1. Mengobati radang

Radang adalah penyakit yang sangat umum diderita oleh manusia. Itu karena radang merupakan efek alami jika tubuh anda sedang tidak dalam kondisi terbaik. Jika ada mengalami radang baik itu radang tenggorokan atau radang lain sangat disarankan untuk mengkonsumsi kurma, karena dalam kurma terdapat zat anti radang dan juga nutrisi yang baik untuk pemulihan tubuh.

  1. Mengatasi mabuk

Manfaat kurma selanjutnya adalah mengatasi mabuk. Kurma memang bisa membuat orang yang mabuk karena alkohol menjadi sadar. Jika anda mengkonsumsi alkohol terlalu banyak maka anda lebih baik juga mengkonsumsi kurma. Selain bisa menyadarkan anda kurma juga bisa mengatasi rasa pusing karena mabuk.

  1. Mengobati Diare

Kandungan potasium dalam kurma sangat ampuh untuk mengatasi diare. Sebuah fakta menyebutkan jika kurma bahkan bisa mengobati diare akut dengan waktu yang sangat cepat. Selain potasium, serat yang ada pada kurma juga bisa membuat pemulihan karena diare menjadi lebih cepat. Jadi anda lebih baik menyediakan kurma dirumah karena buah yang satu ini kaya akan manfaat.

  1. Mencegah Kanker

Sekarang ini semua orang sangat takut dengan kanker. Itu karena penyakit yang satu ini memang sangat berbahaya dan mematikan. Ada banyak sekali cara untuk mengatasi kanker salah satunya adalah dengan rajin mengkonsumsi buah kurma. Buah yang satu ini memang memiliki kandungan zat yang bisa mencegah radikal bebas dalam tubuh. Anda cukup mengkonsumsi beberapa biji buah kurma setiap hari agar bisa terhindar dari kanker.

  1. Menaikan trombosit darah

Bagi orang yang sedang terkena demam berdarah pastinya membutuhkan obat untuk menaikkan trombosit tubuh. Selain jambu biji, kurma juga bisa menaikkan trombosit dengan cepat. Karena itu buah ini sangat disarankan untuk dikonsumsi orang yang yang sedang menderita demam berdarah.

  1. Untuk ibu hamil

Kita pasti tahu bahwa kurma merupakan buah terbaik. Anda bisa mengunakan kurma untuk makanan tambahan untuk ibu hamil atau menyusui. Kandungan didalam buah kurma tidak saja akan didapatkan oleh ibu, namun juga untuk bayi.

  1. Manfaat kurma untuk kulit

Terkecuali menghindar penggumpalan darah, asam salisilat pada kurma berguna juga untuk kecantikan kulit. Dalam dunia kecantikan, asam salisilat juga dipakai untuk bersihkan kulit dari beragam permasalahan seperti jerawat, komedo serta keunggulan minyak.

  1. Manfaat kurma lainnya

Terkecuali kandungan-kandungan yang telah dijelaskan diatas, kurma juga mengandung mineral seperti fluor yang bagus membuat perlindungan kesehatan serta kemampuan gigi. Kandungan selenium pada kurma juga menolong melindungi system kekebalan badan. Info lain mengatakan kalau kurma juga mempunyai manfaat untuk mengobati gatal-gatal, masuk angin, keputihan, sakit perut, sakit kepala serta migrain, menolong tingkatkan kesuburan, sampai menghangatkan badan.

Untuk mendapatkan buah kurma yang berkualitas baik, anda bisa mendapatkannya di pusat oleh-oleh dan perlengkapan haji, Bursa Sajadah. Selain anda datang langsung ke lokasi yang tersebar di Sembilan kota di Indonesia, anda juga bisa memesan via online dan barang akan segera dikirimkan sesuai dengan pesanan. (Adv)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
  • ©2017 Seputar Jakarta

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional