Seputar Jakarta

Dewan Pembina Pemuda Tani :Revisi UU KPPU Kembali Pada Sejatinya Pasal 33

  • Reporter:
  • Selasa, 5 Desember 2017 | 16:57
  • / 16 Rabiul Uula 1439
Dewan Pembina Pemuda Tani :Revisi UU KPPU Kembali Pada Sejatinya Pasal 33

Jakarta – Komisi Persaingan Usaha sampai saat ini sudah 18 tahun berkiprah menjalankan tugas dan fungsi pokok atas kelahirannya. Berbagai kasus besar dalam dunia usaha di Indonesia telah diselesaikan dan disidangkan oleh KPPU, salah satu contohnya komoditas pertanian yang penting untuk konsumsi masyarakat.

Dewan Pembina Pemuda Tani Wilgo Zainar mengatakan, saat ini kasus persaingan usaha menyangkut barang komoditi pertanian sudah mulai banyak. “Cukup banyak kasus persaingan usaha tidak sehat menyangkut barang barang komoditas pertanian,  contohnya  kasus pengaturan produksi bibit ayam pedaging, kartel sapi impor, kartel bawang putih,  kartel minyak goreng dan lain-lain,” Ungkap Wilgo Zainar dalam seminar nasional dengan tema ‘Revisi UU Anti Monopoli Demi Kepentingan Siapa’, yang diadakan di gedung Nusantara II DPR, Selasa (5/12/2017).

Wilgo menjelaskan revisi undang undang no 5 tahun 1999 haruslah tetap dalam semangat membangun perekonomian sesuai pasal 33 UUD 1945 dan sejatinya revisi undang-undang KPPU ini adalah kembali pada pasal 33.

Senada dengan Wilgo, Prof Inne Ruki mengatakan bahwa Hukum persaingan usaha adalah instrumen ekonomi untuk mewujudkan pembangunan ekonomi yang sesuai UUD 1945.

Untuk itu, kata Inne, demi tegaknya pembangunan ekonomi yang berkelanjutan.  KPPU harus kuat dalam penegakan hukum. “Kebijakan persaingan yang tepat dan penegakan hukum persaingan yang kuat merupakan elemen daya kunci yang terletak didalam pelaku usaha,” ungkap Prof  Inne.

Diakhir statemennya, prof Inne menambahkan bahwa, persaingan usaha bukanlah tujuan akhir tetapi tujuan utamanya adalah pembangunan ekonomi untuk kemakmuran dan kesejahteraan. “Persaingan itu bukan tujuan akhir tapi sebagai alat dalam mengelola adalah tujuan antara dan pembangunan ekonomi adalah tujuan utamanya,” Pungkasnya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
  • ©2017 Seputar Jakarta

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional