Seputar Jakarta

Ini Keseruan Manasik Umrah di Laena Tours & Travel

  • Reporter:
  • Sabtu, 25 November 2017 | 15:07
  • / 6 Rabiul Uula 1439
Ini Keseruan Manasik Umrah di Laena Tours & Travel

Sebelum para jamaah berangkat ke Tanah Suci untuk menjalankan ibadah umrah, Laena Tours & Travel menyelenggarakan acara manasik umrah di Wisma Laena Jl. K.H. Abdullah Syafi’i No. 7 Jakarta.

Direktur Promotion & Marcom Aditya Putra mengatakan, manasik umrah Laena Tours & Travel kali ini diikuti oleh puluhan jamaah umrah yang datang dari sekitar Jabodetabek. Sesuai jadwal, mereka akan berangkat pada tanggal 6 Desember 2017 mendatang.

“Jadwal pemberangkatan tanggal 6 Desember 2017 pakai maskapai Emirates yang nantinya akan landing Madinah,” kata Aditya di lokasi acara Manasik, Sabtu (25/11/2017).

Mengawali acara manasik, Ustad Ahyat sebagai pembimbing manasik umrah Laena Tours & Travel kali ini, mengajak para jamaah untuk melantunkan kalimat talbiyah.

Setelah itu, Ustad Ahyat menjelaskan pengertian umrah dari segi bahasa yaitu ziaratan ila Baitillah yang artinya bahwa umrah adalah ziarah ke Baitullah. “Yang lebih utama yaitu ziarah ke Rasulullah dan ke Baitullah,” kata Ustad Ahyat.

Ustad Ahyat juga menyampaikan kepada jamaah ketika berada di Tanah Suci untuk memperbanyak ibadah. “Kalau di Madinah perbanyak baca sholawat, kalau di Makkah jangan lepas dari wudhu dan perbanyaklah sholat,” kata Ustad Ahyat.

Ia juga menjelaskan materi manasik secara jelas dimulai dari syarat dan rukun umrah. Untuk syarat umrah yaitu muslim, berakal, baligh dan mampu. Sedangkan untuk rukun umrah yaitu niat/Ihram, Thawaf, sai, tahallul dan tertiba. “Rukun harus dijalani, ketika ke Tanah Suci niat umrah namun g pake Ihram ya g boleh, g sah ibadahnya,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan larangan-larangan ketika menjalankan ibadah umrah. “Nggak boleh berkata kotor, nggak boleh memakai wangi-wangian, nggak boleh pakai pakaian berjabat, nggak boleh membunuh binatang dan lain-lain”.

Menurut Ustad Ahyat, Ibadah jamaah umrah dikatakan mabrur atau tidak yaitu bukan hanya sekedar pada saat berada di Tanah Suci, tetapi ketika sudah pulang ke Tanah Air apakah ada perubahan dari segi ibadahnya atau tidak. “Yang tadinya g suka ngaji jadi suka ngaji,” katanya.

Ustad Ahyat juga membimbing jamaah melantunkan niat umrah. “Nawaitu al-‘umrata wa haramtu biha lillahitaala,” ucapnya diiringi suara jamaah.

Dalam acara manasik tersebut, para jamaah mendapatkan materi yang lengkap mulai dari pemberangkatan, tata cara beribadah, bacaan-bacaan doa, tempat-tempat mustajab, waktu-waktu yang strategis untuk beribadah termasuk juga dalam hal menata niat ibadah.

Di akhir acara, Ustad Ahyat mengimbau agar jamaah mendoakan seluruh keluarga, masyarakat dan negara.

“Kalau kita berangkat ke Tanah Suci, doain orang sekampung semoga bisa berangkat ke Tanah Suci,” kata ustad Ahyat.

Untuk diketahui, Laena Tours & Travel merupakan biro perjalanan ibadah umrah dan haji khusus yang telah mengantongi ijin dari Kementerian Agama RI dengan izin umrah No. 97 tahun 2017 dan izin haji PHU/HK. 3126/ VIII/2009.

 

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
  • ©2017 Seputar Jakarta

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional