Seputar Jakarta

RENTIST Tempat Sewa Barang Online, Walikota Bogor: Ngapain Beli, Rental Aja

  • Reporter:
  • Kamis, 2 November 2017 | 23:43
  • / 12 Safar 1439
RENTIST Tempat Sewa Barang Online, Walikota Bogor: Ngapain Beli, Rental Aja

RENTIST, sebuah start up unik asal Bogor hadir di pameran start up bergengsi Tech in Asia Jakarta 2017, yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, 1-2 November 2017. Tahun 2016 lalu, Tech in Asia diadakan di Singapura.

“Hanya start up pilihan yang telah lulus verifikasi ketat bisa mengikuti Tech in Asia 2017 ini, dan RENTIST lolos ”, ungkap Adam, CTO RENTIST, di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis Siang (02/11/2017).

Pendiri RENTIST, Alfie Radithya (33 th), memaparkan, RENTIST membuat siapapun bisa menggunakan, memanfaatkan barang tanpa harus membeli. “RENTIST ini start up sewa menyewa bukan jual beli, jadi kalau ada barang yang kita butuhkan, namun harganya mahal, kita bisa menyewa. Tagline kita ‘Ngapain Beli, Rental Aja”, jelas Adit panggilan akrab Alfie Radithya, di JCC Senayan (02/11/2017)

Menurut Adit, ada dua misi sosial RENTIST, pertama mengubah budaya konsumtif yang cenderung negatif ke positif, ia menyebutnya ‘Smart consumption’. Adit mengatakan, hasrat tinggi ingin membeli bisa diarahkan ke menyewa, banyak barang yang jarang digunakan, contohnya sepeda gunung, nah masyarakat tidak harus membelinya, kan bisa sewa.

“Sepeda gunung itu harganya 2 – 30 juta, namun tidak setiap hari digunakan dan tidak setiap orang mampu membeli, pemilik sepeda bisa menyewakannya, sebaliknya masyarakat yang ingin menggunakan bisa menghubungi penyewa, semuanya tersambung di www.rentist.id”, jelas Adit.

Misi kedua menurut Adit, adalah membantu masyarakat dengan menambah lapangan kerja atay peluang usaha baru. Adit mengajak, sekarang saatnya setiap orang mendata barang yang dimilikinya yang memungkinkan untuk disewakan. Adit mengaku sangat bahagia ketika seorang siswa di Bogor mengabarkannya bahwa ia sedang mendata barang-barangnya yang mungkin disewakan.

“Banyak masyarakat yang ingin dapat penghasilan tambahan, namun terkendala waktu dan tenaga. Mereka bisa merentalkan barangnya, sebab itu kita siapkan sistem yang aman”, kata Adit

RENTIST hakikatnya ingin membantu masyarakat, Adit menjelaskan, sudah lama ia ingin usaha, namun terkedala waktu dan tenaga. Dewi juga sempat ragu dengan keamanan barangnya apabila disewa orang, caranya siapapun yang ingin menyewa lewat RENTIST harus punya tanda khusus yang didapatkan lewat verifikasi ketat. Selain itu masyarakat yang ingin menyewakan barangnya juga tidak perlu mengeluarkan anggaran untuk bikin webiste, promosi, bahkan aturan penyewaan juga disiapkan oleh RENTIST, namun masyarakat yang menjadi mitra RENTIST juga bisa membuat aturan sendiri untuk barang yang mereka tawarkan untuk disewa.

Menariknya tambah Adit, Tim Development Rentist hampir semuanya baru lulus dari SMK Wikrama jurusan Rekayasa Perangkat Lunak Kota Bogor.

“Kesukseskan bagi tim kami adalah, dengan hadirnya RENTIST semakin banyak orang mendapatkan penghasilan tambahan dan konsumsi cerdas semakin membumi”, ujar Adit.

Apresiasi dari Walikota Bogor

Walikota Bogor, Bima Arya mengaku sudah bertanya langsung visi RENTIST. Menurut Bima Arya, RENTIST bakal menjadikan komunikasi antarwarga makin produktif, membuka lapangan kerja baru, memberi pendapatan tambahan bagi warga Bogor. Namun ia mengingatkan agar RENTIST wajib mendengar aspirasi masyarakat dan selalu menjadikan kritik sebagai jamu atau vitamin.

“RENTIST ini punya potensi besar mendunia asal peka dan fokus pada misi sosialnya. RENTIST mengingatkan setiap orang bahwa tiap semua harus dibeli, kan bisa sewa. Tagline RENTIST ‘ngapain beli, rental aja itu keren. Anak muda diluar Bogor yang berkarya banyak, ini sangat membanggakan kami semua, namun anak muda yang berkarya di Kota Bogor kemudian mendunia, ini yang terus kita dorong”, ujar Bima Arya yang juga hadir di JCC Senayang mengunjungi stand RENTIST pada Kamis siang (2/11/2017)

  • ©2017 Seputar Jakarta

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional