Seputar Jakarta

Pesan Irjen Kemenag ke Jajarannya, Pertahankan WTP BPK

  • Reporter:
  • Senin, 16 Oktober 2017 | 11:44
  • / 25 Muharram 1439
Pesan Irjen Kemenag ke Jajarannya, Pertahankan WTP BPK

Koordinasi Evaluasi Realisasi Kinerja Triwulan III Tahun 2017 Inspektorat Jenderal Kementerian Agama kembali digelar di salah satu Hotel kawasan Banten (11/10/2017). Inspektur Jenderal Kementerian Agama, Nur Kholis Setiawan mengamanati segenap jajaran agar menjadi garda terdepan dalam menjaga opini WTP Kementerian Agama RI. Irjen mewanti-wanti segenap jajarannya untuk mempertahankan opini Badan Pengawas Keuangan (BPK) yang sudah didapat Kemenag, yakni WTP (Wajar Tanpa Pengecualian).

“Nilai WTP ini bukan berarti kita (Kementerian Agama) sudah sempurna, jika tidak dipantau secara berkala bisa jadi opini WTP kita akan berubah,” ujarnya.

Itjen sebagai APIP diharapkan dapat menjadi imam atau contoh baik pada kinerja maupun pengelolaan anggaran, sehingga Satker yang lain dapat meniru apa yang Itjen lakukan. “Jika Itjen sukses dalam program ini maka bukan mustahil akan tercipta kemaslahatan untuk bersama,” sambungnya.

Dihadiri seluruh perwakilan bagian, wilayah dan investigasi, Irjen menyampaikan bahwa untuk mempermudah proses pembinaan dan pendampingan kepada satker, dinilai perlu diadakan pembuatan taksonomi satker, yaitu:

1. Satker Eselon I Pusat.

2. Kanwil dan Kankemenag Kabupaten/kota.

3. UPT Asrama Haji, Balai Diklat dan Balai Litbang.

4. Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri.

5. Madrasah Negeri.

Pembagian taksonomi tersebut didasarkan atas keunikan dari tiap-tiap satker yang mungkin ada, misalnya untuk Kanwil dan Kankemenag yang mewakili tugas dan fungsi Kemenag secara holistik. Tidak lupa Irjen mengingatkan agar Audit Kinerja itjen dijadikan pintu pembuka temuan BPK-RI agar bisa ditindaklanjuti atau diidentifikasi. Selain itu semua rencana kegiatan diharapkan sesuai dan fokus untuk merealisasi tujuan organisasi yang dijabarkan dalam Indikator Kinerja Utama (IKU).

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
  • ©2017 Seputar Jakarta

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional