Seputar Jakarta

Ketua Fraksi PKS Membuka Lomba Baca Kitab Kuning di Kabupaten Serang

  • Reporter:
  • Senin, 9 Oktober 2017 | 12:05
  • / 18 Muharram 1439
Ketua Fraksi PKS Membuka Lomba Baca Kitab Kuning di Kabupaten Serang

Geliat Lomba Baca Kitab Kuning II Fraksi PKS DPR sudah sampai tingkat kabupaten/kota. Puncak final lomba tingkat nasional sendiri akan diselenggarakan pada 22 Oktober 2017 bertepatan dengan Peringatan Hari Santri Nasional di Kantor DPP PKS.

Ketua Fraksi PKS, Jazuli Juwaini, (Minggu, 8/10), membuka Lomba Baca Kitab Kuning Tingkat Kabupaten Serang di Pondok Pesantren Nurul Huda, Baros, Kabupaten Serang. Didampingi Pengasuh Ponpes Nurul Huda KH. Endang Daruqutni, Ketua DPD PKS Kabupaten Serang H. Mansur, dan para tamu undangan, Jazuli Juwaini,  tampak khidmat mengikuti jalannya pembukaan lomba.

Dalam sambutannya, Anggota DPR Dapil Banten ini, kembali menekankan bahwa tujuan diadakannya lomba ini adalah untuk menumbuhkan kecintaan generasi muda kepada ulama dan ilmu melalui pembelajaran kitab-kitab keislaman karya ulama.

“Lomba ini sekaligus merupakan cara Fraksi PKS untuk mengapresiasi ulama dan karya-karya intelektual mereka yang menjadi pedoman umat dalam menggali ajaran Islam,” terangnya di hadapan kyai, ulama, dan habaib serta para santri yang hadir.

Dengan lomba ini, Fraksi PKS ingin tradisi keilmuan pesantren, pembelajaran kitab kuning, dan kemampuan berbahasa arab semakin berkembang sehingga mampu mewarnai kebangsaan Indonesia.

“Ulama, santri, dan pesantren punya peran yang dominan dalam sejarah perjuangan merebut kemerdekaan. Untuk itu tradisi pesantren harus terus dijaga dan dikembangkan sebagai bentuk penghargaan atas jasa-jasa mereka,” ujarnya.

Kitab yang dilombakan adalah Kitab Fathul Mu’in yang akrab di kalangan Pesantren Salafiyah. Lomba ini sendiri diikuti perwakilan dari 15 pesantren di Kabupaten Serang. Hadir dalam acara ini perwakilan Bupati Serang, MUI, NU, IPHI, dan pengasuh pesantren di Kabupaten Serang.

Pada hari ini perlombaan serentak dilakukan di kota/kabupaten se-Provinsi Banten untuk memilih dua pemenang untuk selanjutnya diikutkan pada seleksi tingkat Provinsi yang akan diselenggarakan pada tanggal 15 Oktober.

Pada tingkat Provinsi dipilih satu pemenang yang akan mewakili Banten para perlombaan tingkat nasional pada tanggal 22 Oktober mendatang.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
  • ©2017 Seputar Jakarta

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional