Seputar Jakarta

Amanah UU, Soal Dana Haji BPKH Pastikan Harapan Presiden Terealisasi

  • Reporter:
  • Selasa, 15 Agustus 2017 | 00:22
  • / 22 Djulqa'dah 1438
Amanah UU, Soal Dana Haji BPKH Pastikan Harapan Presiden Terealisasi
Dr. KH. Marsudi Syuhud di salah satu TV swasta.

JAKARTA, SeputarJakarta.com – Dewan Pengawas Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) KH. Marsudi Syuhud memastikan, harapan Presiden RI Joko Widodo terkait pengelolaan dana haji dipastikan terealisasi sesuai dengan yang tercantum dalam Undang-Undang. Menurut Marsudi, harapan Presiden tentang dana haji seharusnya tidak memunculkan polemik, mengingat hal tersebut sudah diatur dalam Undang-Undang. Meski demikian, polemik yang muncul hingga saat ini masih dalam koridor wajar.

Marsudi, yang juga ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini menilai pro-kontra yang ada patut diapresiasi selama tidak keluar dari nilai-nilai etik. Adanya pihak yang setuju dan tidak setuju, diakuinya memberikan sumbangsih positif bagi BPKH, baik dalam aspek motivasi maupun pemikiran.

“Pro dan kontra membuktikan semua pihak ikut memikirkan. Ini menunjukan semua pihak ingin yang terbaik untuk pengelolaan dana haji. Kita berterimakasih pada mereka, karena telah membantu membukakan semua gambaran. Dari yang baik-baik itu, kita perhitungkan untuk kemudian kita putuskan. Sehingga dari yang baik-baik tersebut, melahirkan yang terbaik dari keputusan BPKH,” tegasnya di salah satu stasiun TV swasta, Senin (14/08/2017).

Pada kesempatan yang sama, Menteri Agama Lukman Hakim mengatakan, pengelolaan dana haji tidak bermasalah baik dalam perpekstif hukum positif maupun syariah. Hal senada dalam kesempatan yang sama, juga dikatakan oleh Sekretaris Komisis Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Asrorun Niam Sholeh. Ditegaskan MUI, setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) boleh dikelola untuk hal-hal yang produktif, seperti proyek-proyek infrastruktur.

“Secara hukum positif dan syariah hukumnya boleh. Forum Ijtima Ulama Komisi Fatwa se-Indonesia IV di Cipasung, Jawa Barat tahun 2012, menyepakati bolehnya memproduktifkan dana haji yang disetorkan jamaah,” ungkap Niam.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
  • ©2017 Seputar Jakarta

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional