Seputar Jakarta

PLN: Tarif Listrik Normal Hingga Akhir Tahun

  • Reporter:
  • Jumat, 21 Juli 2017 | 16:39
  • / 26 Syawal 1438
PLN: Tarif Listrik Normal Hingga Akhir Tahun
Ilustrasi Token Listrik PLN

JAKARTA, SeputarJakarta.com – Pemerintah telah memutuskan tidak akan ada kenaikan tarif listrik hingga akhir tahun ini. Bahkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan meminta kepada PT PLN (Persero) untuk bisa menurunkan tarif listrik tiap tiga bulan sekali.

Direktur Utama PLN Sofyan Basir menyebutkan, pihaknya bakal terus melakukan berbagai langkah efisiensi supaya biaya pokok penyediaan (BPP) listrik turun dan dapat membuat tarif listrik tetap stabil hingga akhir tahun.

Menurut Sofyan, langkah efisiensi yang utama adalah mengurangi penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan beralih ke energi primer seperti batu bara dan gas. Selain itu, efisiensi biaya angkutan dengan menambah PLTU Mulut Tambang.

“Kemudian juga bagaimana dari pembangkit ditingkatkan, bagaimana biaya pemeliharaan juga dikurangi. Jadi efisiensi dari berbagai sisi, supaya tarif bisa ditahan sampai akhir Desember,” kata Sofyan di Hotel Mulia, Jakarta, Jumat (21/7).

Kepala Satuan Unit Komunikasi Korporat PLN, I Made Suprateka menambahkan, PLN memiliki jangka pendek dan panjang dalam menekan harga ‎pokok produksi listrik, seperti yang sudah dilakukan dengan memberikan diskon untuk tambah daya.

“Kami iklan, tambah daya diskon 50 persen, sehingga jumlah pelanggan bertambah dan meningkatkan pemakaian listrik dalam sehari,” papar Made di tempat yang sama.

Untuk jangka panjang, kata Made, PLN berencana mengakuisisi tambang batu bara untuk memenuhi sebagian kebutuhan produksi listrik, setidaknya 20 persen kebutuhan batu bara dapat dipenuhi oleh tambang milik perseroan nantinya.

“Harga batu bara yang kami beli itu menggunakan harga pasar, sehingga ada kenaikan dan penurunan. Kemudian, kami juga harapannya ada harga negosiasi (saat beli batu bara), bukan menggunakan harga pasar,” papar Made.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
  • ©2017 Seputar Jakarta

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional