Seputar Jakarta

Penjualan Ponsel Android Naik, iPhone Malah Turun

  • Reporter:
  • Sabtu, 14 Mei 2016 | 03:43
  • / 6 Sya'ban 1437
Penjualan Ponsel Android Naik, iPhone Malah Turun
Tim Cook. AP/Mark Lennihan

New York – Angka penjualan ponsel pintar berbasis Andorid menunjukkan penjualan melonjak. Di lain pihak, pangsa pasar Apple terus menyusut.

Penelitian terbaru dari Kantar Worldpanel menunjukkan bahwa ponsel dengan sistem operasi Android mulai disukai dari Eropa hingga Cina. Sebaliknya, iPhone yang harganya lebih mahal mulai ditinggalkan.

Hampir satu dekade Apple menikmati pertumbuhan positif. Catatan pendapatan dari tahun ke tahun, setiap triwulan terjadi pemecahan rekor. Namun masa kejayaan itu mulai berakhir. Pada April lalu, misalnya, penjualan iPhone menurun hingga 16 persen.

“Era pertumbuhan dua digit untuk pasar ponsel pintar secara global telah berakhir,” kata direktur riset Gartner Ranjit Atwal pada akhir Maret lalu. “Secara historis, kondisi ekonomi yang memburuk berdampak terhadap penjualan ponsel pintar.”

Sementara itu, sistem operasi Android bikinan Google, yang dibangun dan didistribusikan oleh perusahaan pihak ketiga seperti Samsung dan LG, semakin memperkuat cengkeramannya di pasar global.

Data menunjukkan, di Uni Eropa (Inggris, Jerman, Prancis, Italia, dan Spanyol), pangsa pasar ponsel Android melonjak 7,1 persen pada kuartal pertama 2016, hingga 75,6 persen.

Di Amerika Serikat, bahkan terjadi lonjakan hingga 7,3 persen atau menjadi 65,5 persen. Ponsel Android di Cina juga naik 6 persen, menjadi 77 persen.

Gelombang pertumbuhan Android ini tentu saja menerjang Apple. Di Uni Eropa, ponsel berbasis iOS buatan Apple turun dari 20,2 persen menjadi 18,9 persen pada kuartal yang sama. Penurunan juga terjadi di Cina, dari sebelumnya 26,1 persen turun menjadi 21,1 persen.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
  • ©2017 Seputar Jakarta

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional